Daun kelor dan manfaatnya untuk kesehatan

Daun Kelor

Daun Kelor

Daun kelor dan manfaatnya untuk kesehatan

dewaweb_promo_04_728x90

Kali ini Pendekar mau sharing tentang ilmu tanaman daun kelor, nah pasti ingat kan daun kelor yang selalu ada di kartu remi. Ya betul sekali.

Apa itu daun kelor ?

tanaman kelor ( atau biasa disebut juga  moringa oleifera ) tumbuh dalam bentuk pohon setinggi 7-12 m. Memiliki bunga bertangkai panjang, berkelopak berwarna krem dan menebar aroma khas.Daun kelor berukururan sangat mungil dan berkelompok menurut ruas batangnya.

Asal Tanaman Kelor ?

Asal usul tanaman kelor merupakan tanaman asli Dari kawasan Sub Himalaya seperti India, pakistan , Bangladesh dan Afghanistan.

Tanaman ini juga sangat cocok tumbuh di kawasan tropis. Semua bagian tanaman, bisa digunakan untuk obat, mukai Dari daun, kulit batang, bunga, bush, biji dan akar. – kandungan nutrisi dan senyawa alami pada kelor : daun kelor adalah Sumber protein yang sangat baik bagi tubuh manusia.

Dalam 100 gram daun kelor terkandung 9,8 gram protein Atau sekitar 17,5% Dari kebutuhan harian mànusia. Selain itu daun kelor merupakan Sumber vitamin A Serta mineral seperti kalsium, Besi, tembaga, mangan, Seng, selenium dan magnesium. Biji kelor merupakan Sumber yang baik Dari Adam oleat yakni lemak tak jenuh tunggal. Di dalamnya terkandung vitamin C dan vitamin B Kompleks penting seperti folat, vitamin B6, thiamin, tiboflamin, adam pantotenat dan niacin.

MANFAAT UNTUK KESEHATAN

  • Menstabilkan tekanan darah :
  • Daun kelor memiliki efek menstabilkan trkanan Sarah dan bisa digunakan untuk mengobati kecemasan dan mengontrol kadar glukosa dalam kasus diabetes.
  • Obat diare : mencampurkan daun kelor dan madu lalu diikuti dengan minum air kelapa dua Atau tiga Kali sehari, dipercaya sebagai obat untuk diare disentri dan radang usus.
  • Diuretik daun kelor bersifat diuretik dan dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan akibat penyakit gonorea.
  • Menyembuhkan infeksi daun kelor digunakan untuk mengobati infeksi Mata dan telinga, demam, bronkitis, penyakit kudos dan radang selaput lendir.
  • Obat caving : daun kelor dipercaya dapat menyembuhkan penyakit cacingan yang kerap menyerang anak-anak.
  • Meningkatkan produksi ASI: mengkonsumsi daun kelor diyakinu dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.
  • Senyawa-senyawa alami di dalam daun kelor ini berkhasiat untuk mendorong sekresi hormones yang memerintah produksi susu dalam kelenjar payudara.
  • Mengatasi Anemia : kandungan zat Besi yang tinggi dalam daun kelor membuatnya bisa digunakan untuk mengatasi anemia Atau penyakit Sarah rendah.
  • Anemia sendiri ditandai dengan kondisi tubuh yang lesu, mudah lelah dan pusing ketika bergerak dalam posisi duduk Ke posisi berdiri.
  • Perbaikan nutrisi : kelor merupakan Sumber makanan penting di beberapa bagian dunia, di India dan afrika. Tanaman ini digunakan dalam program makan untuk melawan kekurangan gizi. Ini karena daun kelor kaya akan kandungan protein tinggi yang dibutuhkan penderita malnutrisi.
  • Menurunkan berat badan : daun kelor kaya akan nutrisi namun rendah akan lemak sehingga cocok dimasukkan dalam menu diet. Kandungan vitamin B1, B2 dan B3 yang tinggi membantu pencernaan mengubah makanan menjadi energi .
  • konsumsi daun kelor bain yang mentah maupun yang dimasak membantu dalam penurunan berat badan.
  • Meningkatkan penglihatan : saat INI terdapat banyak masalah kesehatan mata Karena era digital dan lain – lain.
  • Penderita masalah penglihatan kurang mendapat asupan betakaroten alami. Betakaroten adalah nutrisi penting untuk meningkatkan penglihatan. Penelitian menunjukkan bahwa daun kelor mengandubg betakaroten empat Kali lebih banyak Dari wortel. Selain itu vitamin A di dalamnya memajnkan peran penting dalam meningkatkan visualiasai.
  • Mengurangi gangguan perut : kehadiran senyawa isothiocyanates dalam daun kelor membantu mengobati gangguan perut seperti gastritis, kolitis ukserativa dan sembelit. Nutrisi dalam daun kelor membantu pencernaan bahan makanan.

Ternyata ada banyak sekali manfaat dari tanaman daun kelor untuk kesehatan so jangan malas untuk makan sayuran yah…….biar tetap sehat.

Artikel terkait manfaat jamu bisa dibaca disini :

  1. Manfaat Jamu Temulawak
  2. Manfaat lengkuas untuk mengatasi kerontokan rambutBANNER FREE MEMBER

Be the first to comment on "Daun kelor dan manfaatnya untuk kesehatan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


BANNER FREE MEMBER
 
ORDER MINYAK PENDEKAR Sekarang!WA/CALL 081355438646KLIK DISINI