Nafak Tilas Kejayaan Kerajaan Gowa Tallo di Benteng Rotterdam

Pendekar ada di Fort Rotterdam

Pendekar berwisata ke  Fort Rotterdam / Benteng Ujung Pandang /Benteng Panyyua didirikan 1545 Oleh Raja Gowa ke-9

Nafak Tilas Kejayaan Kerajaan Gowa Tallo di Benteng Rotterdam

dewaweb_promo_04_728x90

Salah satu warisan wisata sejarah  yang ada di Makassar adalah benteng Rotterdam atau Benteng Ujungpandang,  kalau dalam bahasa local orang Bugis-Makassar juga menyebut benteng Panyua ( benteng yang mirip penyu ). Bentuk benteng ini ketika dilihat dari atas bentuknya seperti penyu yang merangkak ke lautan. Ada filosofi tersirat dari hewan penyu itu bahwa penyu bisa bertahan di darat dan di laut dan Kerajaan Gowa pun demikian Berjaya di lautan dan di daratan.

Letaknya di jl Ujungpandang, kelurahan Bulo Gading, Kecamatan Ujungpandang, posisinya berhadapan dengan pantai Losari yang tersohor itu.Atau bibir pantai seblah barat kota Makassar

Benteng Fort Rotterdam adalah benteng peninggalan kerjaaan Gowa-Tallo, dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama Imanrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi kallona, awalnya benteng ini  dibuat dari tanah lihat namun pada zaman Raja Gowa ke 14 diganti bahannya menjadi batu cadas dari pegunungan Karst di kabupaten Maros yang pernah saya tulis disini.

Di Benteng ini pulalah pasukan Katak Kerjaan Gowa bermarkas, hingga suatu waktu pada saat Terjadinya kekalahan atas penjajah Belanda, dalam perjanjian Bungayya, berisi bahwa Benteng harus di serahkan kepada penjajah Belanda. Akhirnya Penjajah Belanda saat itu yang menandatangi Perjanjian Bungayya oleh Cornelisu Speelman, segera setelah mengambil alih benteng, merubah nama nya menjadi Benteng Fort Rotterdam diambil dari kota kelahiran nya di Negeri Belanda.

Tampak dari luar Benteng FORT ROTTERDAM & PENDEKAR

Tampak dari luar Benteng FORT ROTTERDAM & PENDEKAR

Terdapat pula Musium Lagaligo yang terletak di dalam Kompleks benteng  bagian barat. Keseluruhan bangunan masih utuh, di bagian halaman benteng yang luas masih sering digunakan untuk acara musik, dan setiap week end juga banyak acara komunitas bahasa Inggris berlatih dan debat bahasa Inggris disana, sedangkan  banyak juga turis turis baik local maupun mancanegara datang berkunjung ke Makassar pasti akan mampir di Benteng Rotterdam.

Itulah sekilas wisata sejarah bersama pendekar kali ini.Semoga Benteng Fort Rotterdam tetap terjaga kelestariannya untuk tetap bisa dinikmati anak cucu kita mari kita jaga dan lestarikan. Sampai jumpa di postingan wisata sejarah berikutnya.

BANNER FREE MEMBER

Be the first to comment on "Nafak Tilas Kejayaan Kerajaan Gowa Tallo di Benteng Rotterdam"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


BANNER FREE MEMBER
 
ORDER MINYAK PENDEKAR Sekarang!WA/CALL 081355438646KLIK DISINI